fouter

Sunday, November 8, 2015

Behavior of butterfly

Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah. Berbeda dengan kupu-kupu, ulat hidup terutama dengan memakan daun-daunan. Ulat-ulat ini sangat rakus, akan tetapi umumnya masing-masing jenis ulat berspesialisasi memakan daun dari jenis-jenis tumbuhan yang tertentu saja. Sehingga kehadiran suatu jenis kupu-kupu di suatu tempat, juga ditentukan oleh ketersediaan tumbuhan yang menjadi inang dari ulatnya.
Metamorfosis adalah suatu proses biologi di mana seekor hewan secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas yang melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan differensiasi sel. Salah satu hewan yang mengalami metomorfosis adalah Kupu-kupu. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna (hemimetabolisme). Selain pada Kupu-kupu, metamorfosis juga terjadi pada beberapa serangga lain semisal Capung, Jangkrik, Belalang, Kecoa dll. Metamorfosis juga terjadi pada ampibi seperti katak.

Habitat kupu-kupu
Habitat kupu-kupu yang ditemukan di berbagai lingkungan iklim yang berbeda. Mereka dapat ditemukan didaerah tropik , hutan, rawa-rawa, sungai, rawa, padang rumput, lahan pertanian dan kebun, pada dasarnya. di mana pun ada tanaman dan bunga. Kupu-kupu memakan jus busuk buah, nektar dan air di mana semua yang menghirup melalui tabung belalai mereka.

Perilaku kupu-kupu
Butterflies sip nektar dari tanaman berbunga kemudian membawa serbuk sari dari satu tanaman ke tanaman yang membantu reproduksi tanaman. Proses ini disebut ‘Penyerbukan’. Kupu-kupu adalah penyerbuk terbesar kedua di dunia, setelah Lebah!

Rentang Hidup  Kupu-kupu
Rata-rata rentang hidup untuk kupu-kupu dewasa hanya 20 sampai 40 hari.
Rentang hidup minimum kupu-kupu adalah sesedikit 3 atau 4 hari.
Rentang hidup maksimal kupu-kupu adalah 6 bulan.

Pemangsa kupu-kupu
Kupu-kupu adalah makhluk yang rapuh dan hampir tak berdaya. Mereka mengandalkan berbagai strategi untuk melindungi mereka dari predator lapar. Predator mereka termasuk burung, laba-laba, reptil, serangga lain (misalnya, tawon, lalat dan tungau), dan mamalia kecil. Kebanyakan kupu-kupu melindungi diri dari predator dengan menggunakan kamuflase. Beberapa kupu-kupu berbaur ke lingkungan mereka baik sehingga itu hampir tidak mungkin untuk menemukan mereka ketika mereka beristirahat di cabang. Beberapa kupu-kupu terlihat seperti daun-daun kering (seperti daun kupu-kupu India), yang lain terlihat seperti kulit pohon dan akan sulit untuk menemukan! 

http://kliksma.com/


No comments:

Post a Comment